Memotivasi Diri sendiri


Assalamu'alaikum wr wb



Apabila sudah memahami tentang ilmu memotivasi diri sendiri, mudah-mudahan tidak perlu lagi Motivator, dan ini dapat kita lihat orang-orang hebat orang-orang besar mereka berhasil memotivasi diri mereka sendiri dan tidak perlu orang lain. Jadi draff nya atau dorongannya dari diri sendiri. “ Bagaimana caranya? “

1.       Kita dapat mengubahnya dari hal-hal yang sederhana yang ada pada diri kita, contohnya pakaian biasanya kita pakai kaos maka gantilah kemeja dan sebaliknya.
2.       begitu juga warnanya harus dirubah biasanya pakai warna putih atau cream maka ubahlah kewarna orange atau merah karena warna mempengaruhi mood dan spirit kita.
3.       contoh lain yang dapat kita rubah yaitu gaya rambut, mungkin kita yang dulunya suka belah kiri atau belah kanan stile rebahan maka rubah menjadi berdiri dan sebaliknya intinya diganti
4.       contoh lain lagi yaitu Jalan, ini bisa kita coba pada saat keluar rumah atau halaman atau pergi kerja nanti cobalah langkahnya dipercepat, terutama bagi kaum laki-laki ini akan memupuk spirit kita dan menaikan mood kita tentulah akan beda kalau kita langkahnya lambat-lambat itu malah justru akan turun motivasi kita
5.       contoh selanjutnya yaitu lagu , secara limiah telah terbukti bahwa lagu-lagu cengeng atau galau itu mengurangi seretonik diotak akhirnya kita akan mudah badmood, kalau tidak percaya cobalah kalian putar lagu-lagu cengeng 3 atau 5 lagu saja dan yang terjadi kita akan malas, pengennya baring-baring, rebah-rebah akhirnya layu. Coba bayangkan sebaliknya yaitu putar lagu yang bit nya cepat maka adrenalin dalam tubuh kita ikut cepat bergerak tentulah akan menjadi spirit tersendiri.
6.       Tayangan kriminal ternya inipun membuat seretonik diotak kita berkurang akhirnya kita gampang murung dan gampang curigaan dan impian mengecil maka jadilah pesimis (penyakit simiskin) bukan hartanya yang miskin tapi mentalnya yang miskin, kalau sudah tau begini maka rubahlah dan kita masih ada waktu untuk merubahnya.

Ketika kita mengubah polanya maka hasilnya berbeda, jika kita pengen hasilnya berbeda maka polanya dirubah. Terutama hal-hal yang disebutkan diatas karena kita mengontrol ini semua, apa yang kita lihat apa yang kita dengar dan apa yang kita rasakan intinya kita bisa memotivasi diri kita sendiri tidak harus menunggu orang, motivator, ustad, atasan. kita bisa melakukan dari diri kita sendiri. Impian bukan sekedar impian tapi bagaimana kita bisa menjiwai impian tersebut. Orang rata-rata punya impian tapi kelemahan mereka tidak menjiwai impian mereka sendiri, apabila mereka menjiwai maka akan beda tentunya, dan impian kita harus besar.

Kesimpulan dan saran :
1.       Agar kita jadi semangat maka kita harus punya impian dan menjiwai impian tersebut dengan sungguh-sungguh.
2.       Apabila ada orang lain, orang tua, guru, ustad, motivator atau atasan bahkan pemerintah sekalipun yang memotivasi kita bersyukur Alhamdulillah tapi andai kata tidak sekalipun kita bisa memotivasi diri kita sendiri dan itulah ciri pemenang, draff atau dorongannya berasal dari diri sendiri bukan dari orang lain kita yang menentukan.
3.       Bayangkan, kita breafing pagi 30 menit hingga 1 jam setelah selesai kita langsung termotivasi dengan artikel, tapi bayangkan lagu, film dan berita itu kita tonton seharinya itu bisa 6 jam sampai 8 jam kalau kita salah pilih ya percuma, breafing yang kita ikuti artikel yang kita baca dan pelajari bisa jadi sia-sia semuanya, karena terkuras oleh yang tadi jadi kita bisa kontrol semuanya. Caranya cari lagu yang bitnya cepat, film yang positif dan tayangan motivasi.



BO#

0 comments: