Cara Menghadapi Pria Tertutup Agar Mau Bicara Lebih Banyak

img
Dok. Thinkstock
 
Jakarta - Komunikasi yang baik merupakan salah satu faktor penting penentu kelanggengan hubungan asmara. Masalahnya, tak semua pria mau terbuka dalam mengungkapkan perasaan dan pikirannya. Hal itu kerap terjadi pada pria yang punya sifat tertutup atau introvert. Membuat pasangan mau lebih terbuka memang perlu usaha lebih. Apabila Anda memiliki kekasih atau sedang mendekati pria yang tertutup, ini strategi yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari eHarmony.

1. Sediakan Waktu Berdua Lebih Banyak
Pria yang introvert perlu waktu bersama pasangan yang lebih banyak agar dia bisa lebih terbuka. Jika yang Anda lakukan hanya mengiriminya pesan teks selama seminggu dengan alasan terlalu sibuk, jangan harap dia akan berbicara banyak ketika Anda dan kekasih akhirnya bertemu saat nonton film atau makan malam. Meskipun kini komunikasi lebih mudah dilakukan lewat bantuan teknologi, tatap muka tetap yang paling penting dalam mempererat dan meningkatkan kenyamanan dalam hubungan asmara.

2. Bahasa Non-verbal Bisa Jadi Solusi
Bahasa verbal saja tidak cukup untuk membuatnya lebih terbuka kepada Anda. Kontak mata, postur, penempatan tangan dan kaki sangat berpengaruh. Sesekali genggamlah tangganya ketika sedang berbicara. Menatap wajahnya ketika ia sedang berbicara akan membuat pasangan merasa diperhatikan dan dihargai.

3. Pilih Suasana yang Mendukung Saat Bicara
Membicarakan hal yang serius di tengah keramaian seperti mal atau jalan raya, bukanlah pilihan tepat. Menikmati waktu sore di pantai, piknik di pinggiran kota, atau sekadar memanggang daging barbeque di halaman rumah dapat memfasilitasi komunikasi antara Anda berdua.

4. Hindari Terlalu Banyak Mengritik
Komentar-komentar tajam yang Anda berikan hanya akan membuat dia enggan bercerita lebih lanjut, karena terkesan menghakimi. Batasi kritikan tersebut pada persoalan yang sangat krusial saja. Cari kata-kata yang lebih halus dan tidak memojokkan saat Anda ingin menanyakan sesuatu yang sensitif, atau menegur tindakannya yang tidak Anda sukai.

5. Perlihatkan Simpati
Melihat Anda yang berusaha untuk berada di posisinya saat ada masalah dan mengetahui apa yang ia rasakan akan membuatnya yakin bahwa Anda ada di pihaknya. Sampaikan kepadanya bahwa Anda akan selalu mendukungnya.

6. Bicara dari Hati ke Hati
Bukannya pria tidak punya pemikiran dan perasaan yang dalam, tapi mereka hanya perlu bantuan untuk mengungkapkannya. Membuat pria mau mengeluarkan uneg-unegnya memang perlu banyak keahlian dan yang terpenting, keahlian itu harus dipraktekkan. Misalnya saat berbincang, Anda bisa menyelipkan perasaan dan pemikiran Anda tentang dirinya, apa yang Anda suka dan tidak suka dari sifat si dia. Lalu berikan dia ruang untuk melakukan hal yang sama kepada Anda.

7. Beri Dukungan
Ketika kekasih Anda sudah menunjukkan usahanya untuk menjadi komunikator yang lebih baik, biarkan dia tahu bahwa Anda menghargai hal itu. Dia akan lebih banyak memberitahu bagaimana perasaannya jika Anda memberinya dukungan. Menerima dan memahami apa yang dia katakan akan membuatnya merasa bebas untuk mencurahkan hati, terutama kepada Anda.

(hst/hst)

Sumber Detik

0 comments: