FOTO: 10 Pencakar Langit Termegah di Dunia (I)

Burj al Arab memantapkan diri sebagai ikon ekstravaganza khas Dubai. (Wikimedia)

VIVAlife - Kota metropolitan terkenal dengan gedung-gedung pencakar langit yang megah. Seringkali sebuah gedung megah menjadi ikon sebuah kota yang tak jarang menjadi destinasi wisata para turis mancanegara.
Tak hanya sekadar meraih predikat sebagai yang tertinggi, gedung-gedung megah ini dibangun dengan biaya besar dan desain yang direncanakan sebaik mungkin. Berikut beberapa gedung ikonik megah di dunia seperti dilansir laman CNN.


1. Empire State Building, New York

Empire State Building

Gedung yang dibangun dengan biaya US$41 juta atau Rp467 miliar ini telah menjadi simbol kota New York sejak selesai dibangun pada 1 Mei 1931. Gedung Empire State didesain oleh William Lamb, arsitek dari firma arsitektur bernama Shreve, Lamb & Harmon.
Tak hanya itu, gedung ini juga menjadi simbol Amerika selama 70 tahun mengalami pergolakan ekonomi. Bahkan gedung yang sering menjadi lokasi syuting film-film Hollywood ini juga tercatat sebagai gedung yang paling lama memegang rekor sebagai gedung tertinggi di dunia dari tahun 1931 sampai 1972 dengan tinggi mencapai 437 meter.

2. Menara Kembar Petronas, Kuala Lumpur

Petronas

Dibangun menggunakan prinsip geometris arsitektur Muslim dan Islam, arsitek César Pelli menginginkan Menara petronas memancarkan warisan budaya Malaysia. Menara kembar tertinggi di dunia dengan tinggi 452 meter ini dibangun dengan biaya US$1,6 miliar atau Rp18,2 triliun dan selesai dibangun pada bulan Juni 1996.
Gedung menara kembar ini memiliki sky bridge atau jembatan yang menghubungkan keduanya dan melambangkan pintu gerbang ke masa depan dan menjadi simbol ambisi Malaysia memasuki era milenium.

3. Shanghai World Financial Center, Shanghai

Shanghai World Financial Center

Salah satu gedung pencakar langit yang megah di China ini selesai dibangun tahun 2008 lalu. Desainnya yang menyerupai alat pembuka tutup botol tersebut memang sengaja untuk menurunkan tekanan angin.
Memiliki tinggi 492 meter, gedung ini menggeser menara Gin Mou sebagai gedung tertinggi di China dengan selisih delapan meter. Gedung yang dibangun dengan menghabiskan biaya sebesar US$1,2 miliar atau Rp13,7 triliun ini juga memiliki hubungan dengan kepercayaan masyarakat China, yaitu atapnya yang terbuka merepresentasikan bumi yang menggapai angkasa. Hal tersebut merupakan simbol interaksi antara dua alam.

4. Burj al Arab, Dubai, Uni Emirat Arab
Hotel Burj Al Arab

Memiliki tinggi 321 meter, gedung yang dibangun dengan dana sebesar US$650 juta atau Rp7,4 triliun ini memiliki desain yang terkenal di dunia. Gedung yang selesai dibangun akhir tahun 1999 tersebut, juga telah lama memantapkan diri sebagai ikon ekstravaganza khas Dubai.
Berbentuk perahu layar, gedung ini memiliki pantai pribadi dan jembatan melengkung pribadi yang terhubung ke kawasan kota. Gedung ini juga memiliki fasilitas helipad. Beberapa atlet dunia seperti Tiger Woods, Roger Federer dan Andre Agassi pernah bermain tenis di gedung yang memiliki hotel yang diklaim berbintang tujuh.

5. 30 St. Mary Axe, London
30 St Mary Axe
Gedung yang selesai dibangun tahun 2003 ini, hanya memiliki satu bagian kaca melengkung dalam keseluruhan konstruksinya. Dibangun dengan biaya sebesar US$212 juta atau Rp2,4 triliun, banyak orang yang mengatakan gedung ini berbentuk seperti telur. Meski demikian ada pula yang menyebutnya sebagai gedung mentimun atau gedung peluru karena bentuknya yang lonjong.
Keunikan gedung 30 St Mary Axe lainnya ialah motif harlequin yang menonjol dari bagian bawah hingga puncaknya yang memiliki tinggi 180 meter. Desainnya yang hemat energi serta bentuknya yang aerodinamis tersebut membuat gedung ini meminimalkan beban angin dan tidak memantulkan angin ke tanah. (eh)

Bersambung...

0 comments: